Senin, 04 Juli 2011

Kasus HIV/AIDS Terus Meningkat


AIDS saat ini sudah jadi pandemi global. Dampaknya sangat merugikan baik dampak kesehatan, sosial ekonomi dan politik. Sejak tahun 2000, Indonesia memasuki tingkat epidemi terkonsentrasi yaitu keadaan yang mengindikasikan tingkat penularan HIV sudah cukup tinggi pada sub populasi berisiko.

Gambaran meluasnya epidemi terlihat pada peningkatan jumlah provinsi yang melaporkan kasus AIDS. Pada akhir tahun 2003 meningkat jadi 25 provinsi dan kemudian pada akhir tahun 2008 menjadi 32 provinsi pada 214 kabupaten/kota.Artinya, epidemi AIDS sudah meluas ke seluruh Indonesia.

Dilihat dari jumlah kasus kumulatir dilaporkan, terjadi peningkatan 6 kali lipat dalam kurun waktu empat tahun yaitu 2.682 kasus pada bulan Desember 2004 menjadi 16.110 kasus pada Desember 2008 dan menjadi 16.964 kasus hingga akhir Maret 2009.

"Jumlah kasus infeksi HIV yang terus meningkat dari tahun ke tahun tentu memberi banyak implikasi terhadap negara ini," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, Kamis (9/7), dalam seminar tentang penelitian HIV/AIDS, di Jakarta.

Beberapa implikasi peningkatan kasus HIV/AIDS adalah, menurunnya produktivitas penderita HIV/AIDS serta peningkatan beban keuangan negara yang harus menyediakan ARV. "Kami berupaya melakukan berbagai kegiatan untuk mengendalikan AIDS baik yang bersifat pencegahan, pelayanan, surveilans dan upaya pendukung lainnya," ujarnya. (Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar